Laman

Rabu, 30 September 2015

Genre Cerpen dan Novel

 Macam-Macam Genre Cerita

 


Setiap karangan Fiksi maupun Nonfiksi selalu ada alur cerita yang mengarah pada sebuah jenis dari cerita itu sendiri.Genre adalah perhatian tertentu di cerita yang diarahkan ke bidang spesifik tertentu. Macam-macam Genre yang ada didalam karangan Fiksi dan Novel adalah:

Petualangan Aksi:
Melibatkan adu fisik, berkelahi, kekerasan dengan intimidasi , biasanya terjadi di tempat yang jauh dari perkotaan seperti hutang, tempat terlarang, tempat baru atau padang gurun.

Kriminal:
Sesuai dengan tulisannya. Tentu ini adalah masalah yang berhubungan dengan kejahatan. Seperti pembunuhan, penipuan, atau perampokan.

Fantasi:
Biasanya terjadi pada dunia yang dibuat oleh penulis sendiri. Atau memasukkan beberapa elemen fantasi pada dunia yang sebenarnya.

Horor:
Selalu berhubungan dengan dunia supranatural. Melibatkan arwah atau setan.

Misteri/Detektif:
Menceritakan sesuatu yang berhubungan penyelidikan untuk memecahkan masalah tersebut.

Roman:
Kalau genre ini sudah tidak perlu ditanya. Sebagian rak buku di toko buku penuh dengan genre yang melibatkan asmara dari dua pihak.

Fiksi Sains:
Melibatkan ilmu pengetahuan, baik yang benar-benar ada atau dianggap ada. Biasanya tempatnya di planet lain, atau dunia baru. Detil sangat diperhatikan di genre ini.

Inspirasi:
Biasanya melibatkan agama atau kepercayaan tertentu dalam menyelesaikan masalahnya.

Sebelum kita menggunakan genre untuk membuat cerita, alangkah baiknya jika kita membaca Langkah-langkah Menyusun Karangan Fiksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan anda